11 Makanan Khas Cianjur Yang Wajib Anda Coba (Yang No 2 Legend Banget)


Kalau kita sedang berkunjung ke suatu daerah pasti yang di cari yang khas-khas daerah itu seperti makanan khas daerah itu, kerajinananya atau tempat wisatanya  dan kalau tidak mencoba makanan khas nya kaya yang belum lengkap, apalagi di indonesia ini yang punya beragam jenis makanan yang tiap daerah punya ciri khasnya masing-masing membuat kita selalu penasaran dengan jenis makanan unik apa yang akan kita temui di daerah yang kita kunjungi. Kita pergi ke kota tetangga aja pasti ada makanan unik yang belum pernah kita coba bahkan orang lokalnya sendiri kadang ada yang belum mencoba semua jenis makanan khas di daerahnya.

Baca juga

Cianjur sebuah kota yang di lalui jalan nasional dengan udaranya yang sejuk apalagi di daerah sekitar cipanas dan puncak membuat siapa pun yang melewatinya terpesona ingin berlama-lama, mungkin anda yang tinggal di daerah bandung, bogor atau jakarta sering melewati jalan cianjur cianjur seperti jalur puncak, jalan raya bandung dll jika anda sedang kebetulan lewat ke kota cianjur kenapa anda tidak mencoba rehat sejenak dan berwisata kuliner disini dan mencoba makanan-makanan khas cianjur, cianjur punya makanan-makanan khas yang tidak akan anda temui di kota lain kalau pun ada yang mirip pasti rasanya tidak akan sama dengan yang dari daerah asli asalnya.

Untuk yang bingung mau mencoba makanan yang mana, akan saya berikan 10 makanan khas cianjur yang rekomended untuk anda coba. Untuk rasa jangan di tanya pasti mantap djiwa siapa yang tahu mungkin makanan dibawah ini akan ada yang masuk daftar makanan favorit anda, teman-teman saya pun yang dari luar daerah banyak yang jatuh cinta dengan makanan cianjur dan banyak yang sering menyempatkan untuk sekedar singgah memuaskan rasa kangen lidahnya dengan makanan khas cianjur, ayo langsung saja kita simak 10 makanan khas dari cianjur yang wajib anda coba saat anda berkunjung ke cianjur.



1.    Sate Maranggi Cianjur

makanan khas cianjur sate maranggi

Sate maranggi letaknya ada di perbatasan antara bogor dan cianjur, sate maranggi memiliki rasa yang nikmat walau jika dilihat dari komposisi bumbunya terlihat cukup sederhana, bumbunya yang digunakan adalah bumbu bacem yang dibakar bersamaan dengan daging hingga meresap, teksturnya sate maranggi pun empuk , tidak keras atau alot, sate maranggi juga biasanya disajikan dengan ketan bakar. menikmati sate maranggi dan ketan bakar hangat-hangat di udara kawasan puncak yang dingin dan sejuk rasanya tuh uhh mantap sekali, soal harga juga anda tidak perlu khawatir satu tusuk sate maranggi harganya rata-rata Cuma 2.500 rupiah saja tidak akan membuat kantong anda jebol walau anda mampir di tanggal tua.
Rekomendasi restoran sate maranggi

makanan khas cianjur sate maranggi sari asih

Nama        : Sate Maranggi Sari Asih Cipanas
Alamat     Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Pacet, Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Harga        : Sate Maranggi Rp. 2.500 - Rp. 3.500 Pertusuk, Ketan Bakar dan nasi bungkus Rp. 2.500 dan untuk minuman Rp. 3000 - Rp. 7000


2.    Tauco Cianjur

makanan khas cianjur tauco

Salah satu makanan khas dari cianjur bahkan hingga dibuatkan tugunya di jalan bypass dekat kampus UNPI, salah satu merk diantaranya yang paling terkenal dan legendaris adalah Tauco Cap Meong yang di produksi oleh Nyonya Tasma.
Aroma dan rasa dari tauco cap meong produksi nyonya Tasma ini harum dan selalu dihidangkan dalam wadah kuali tanah liat saat masih panas, tauco ini selalu ramai saat musim liburan jadi buat anda yang berencana pergi saat waktu libaran saya harap anda sedikit datang lebih awal.
Dan untuk sedikit informasi saja apakah kalian tahu ternyata tauco cap meong sudah di produksi sejak tahun 1880 dan masih tetap eksis hingga sekarang. Bahan dan teknik pembuatannya pun tetap sama dan tidak berubah sejak dulu tetap mempertahankan ke originalitasannya.

makanan khas cianjur tauco cap meong

Nama   : Tauco Cap Meong
Alamat  Cijedil, Cugenang, Cianjur Regency, Jawa barat 43252
Harga    : Rp. 12.000 / 200 ml dan  Rp. 16.000 /  350 ml


3.    Geco Cianjur

makanan khas cianjur geco

Geco atau kalau nama lengkapnya Touge dan tauco, orang sunda memang terkenal suka nyingkat-nyingkat nama makanan jadi lebih simpel dan mudah di ingat seperti cilok, cireng, baslub dll. Geco ini dari segi tampilan bisa dibilang mirip dengan kupat tahu perbedaan yang paling signifikan terdapat pada saus tauconya yang merupakan makanan khas cianjur juga, kalian harus mencobanya supaya tahu perbedaannya dengan kupat tahu atau ketoprak.
Ini adalah rekomendasi restoran geco yang mantap rasanya.

makanan khas cianjur geco lotek 81 geco rujak

Nama   : Lotek 81 Geco Rujak
Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215


4.    Roti Manis Tan Keng Cu

makanan khas cianjur roti tan keng cu

Kalau anda adalah penyuka roti dan sejenisnya makanan ini tidak boleh anda lewatkan, Roti Manis Tan Keng Cu yang sudah berproduksi sejak 1926 salah satu makanan legend lainnya dari cianjur, seperti makanan legend lainnnya roti manis tan keng cu masih mempertahan kan cara pembuatannya yang tradisional, pembakaran rotinya saja masih menggunakan batu bara, sehingga cita rasa dan originalitas rasa roti ini selalu terjaga sejak dulu.

Makanan khas cianjur roti tan keng cu

Nama   : Tan Keng Cu resto & Bakery
Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto No.95, Muka, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215
Harga  : Rp. 2.500 - Rp. 5000


5.    Mie Ayam Mang Memed

makanan khas cianjur mie ayam mang memed

Hah mie ayam ?? makanan sejenis ini mungkin salah satu yang paling umum di indonesia selain bakso, pecel dan nasi goreng yang ada hampir di seluruh indonesia dengan segala macam kreasi dan variasinya, tapi serius saya kasih tahu jika anda adalah penghobi makanan olahan mie khususnya mie ayam, anda harus setidaknya mencobanya sekali nanti anda juga pasti akan paham kenapa saya menyarankan ini, lokasinya juga berdekatan dengan toko Roti Manis Tan Ken Cu jadi bisa langsung membabat 2 makanan mantap dari cianjur.

makanan khas cianjur mie ayam mang memed

Nama : Mie Ayam Mang Memed
Alamat : Dekat dengan Tan Keng cu 
Harga : sekitar Rp. 9000


6.    Laksa Cianjur

makanan khas cianjur laksa

Makanan khas selanjutnya dari cianjur adalah laksa, salah satu makanan paling digemari oleh warga lokal maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke cianjur harganya juga cukup terjangkau kalian tidak akan rugi deh, dari segi tampilan laksa cianjur itu mirip dengan laksa bogor yah karena dua kota ini berdekatan banyak makanan khasnya yang mirip seperti laksa ini dan asinan atau manisan juga.
Tapi walau mirip ketika anda mencobanya anda akan tahu letak perbedaanya, kalau isitilah nya mah “bahan dan tampilan boleh mirip tapi rasa siapa yang tahu”
Alamat : Di sekitaran Jalan Mochamad Ali cianjur


7.    Asinan dan Manisan Buah

oleh-oleh khas cianjur asinan dan manisan

Cemilan khas cianjur yang satu ini sangat cocok untuk oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau teman-teman di tempat kerja anda, asinann buah ini terdiri dari bermacam-macam buah-buahan yang dicampur menjadi stu dalam satu wadah lalu disiram dengan kuah asinan yang memiliki bumbu khusus. Rasanya pasti enak dan nagih ini adalah salah satu item favorit untuk oleh-oleh para wisatawan disamping tauco yang legendaris itu, selainan asinan ada juga manisan yang terdiri dari buah salak, kedondong, mangga dan beberapa jenis sayur lain seperti bayam sawi dan terong rasanya yang Ermmmmmhh asam manis dan pedas sungguh menyegarkan.

oleh-oleh khas cianjur manisan dan asinan

Nama : Mulia Sari Ny Tan
Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43214

8.    Sate Ayam Bumi Nini

makanan khas cianjur sate ayam bumi nini

Di cianjur, ada satu sate ayam yang sangat terkenal karena rasanya yang luar biasa lezat jika dibanding sate ayam biasa yang kita sering temui, namanya adalah ya Sate Ayam Bumi Nini.
Sate ayam bumi nini sangat digemari oleh masyarakat lokal cianjur bahkan bisa dibilang salah satu makanan paling terkenal seantero jawa barat. restoran ini sekarang akhirnya punya pasangan yaitu Restoran Bumi Aki haha. Sate ayam bumi nini terletak di kawasan puncak cisarua, jadi buat kalian yang akan berwisata ke puncak kalian bisa mampir di warung makan ini dengan membuktikan kelezatannya kalian akan memahami kenapa warung makan ini sangat digemari, ditambah dengan udara sejuk kawasan puncak menikmati sate ayam bumi nini dengan lontong dan teh hangat. Kenikmatan yang HQQ

makanan khas cianjur restoran bumi nini

Nama        : RM Bumi Nini Puncak
Alamat      : Jl. Raya Puncak No.259, Ciloto, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Reservasi  : bumiaki.com


Harga        : Rp. 9000 sd Rp. 93.000


9.    Marici Putumayang

oleh-oleh khas cianjur marici, rengginang putumayang

Ini adalah salah satu makanan ringan khas cianjur bermerk Marici, yang artinya Makanan Ringan Cianjur. Rasanya yang gurih dan tekstrunya yang renyah dan crunhcy membuatnya banyak diburu oleh para wisatawan untuk oleh-oleh. Marici tersedia dalam beberapa bentuk, ada olahan putumayang, lalu ada rengginang dan renggining.
Marici Putumayang dibuat dari tepung beras yang dibentuk menyerupai mie lalu dikukus yang nantinya akan disajikan dengan santan beserta saus gula, lalu ada Marici Rengginang yang mirip dengan kerupuk tebal yang juga dibuat dengan beras ketan yang telah dikeringkan dengan cara dijemur dan kemudian di goreng.
Harga : Rp. 37.500 sd Rp. 50.000


10.  Pesmol Kembung Cianjur

makanan khas cianjur pesmol kembung

Makanan khas cianjur terakhir yang anda harus coba adalah pesmol kembung, ini adalah ikan kembung yang dimasak dengan cara teretntu, sebenarnya caranya tidak terlalu sulit akan saya coba jelaskan kalau begitu. Goreng ikan kembung yang tadi telah disiapkan diberi lumuran jeruk dan garam hingga matang tapi jangan terlalu kering yah. Kemudian haluskan bumbu-bumbu dan tumis bersama dengan daun salam dan daun jeruk yang tadi telah digeperek hingga harum setelah itu masukan air sebanyak 150 ml lalu tambahkan gula, garam, kaldu hingga mendidih kemudian masukan ikan kembung yang telah tadi kalian goreng aduk hingga bumbu menyusut, pesmol ikan kembung khas cianjur siap disajikan.....



1.    Mochi Cianjur

oleh-oleh khas cianjur mochi

Makanan yang aslinya dari jepang tersebar ke seantero asia hingga sampai ke cianjur dan mendapat berbagai macam perubahan serta improvisasi, mochi khas cianjur terbuat dari olahan kacang tanah, terigu dan tepung, mochi di cianjur biasnya di jual dalam kotak-kotak bambu kecil yang harganya sekitaran Rp. 4000 s/d Rp. 5000 per kotak tapi ada juga yang sudah dengan tampilan modern dengan box seperi mochi momi, mochi victory dll....
Rekomendasi

oleh-oleh khas cianjur mochi momi

Nama   : Mochi Momi
Alamat  :  Nagrak, Cianjur, Cianjur Regency, Jawa barat 43215
Harga   : Rp. 20.000 s/d Rp. 40.000 per Box


Itu adalah beberapa makanan khas cianjur yang harus kalian coba, makanan diatas punya rasa yang khas dan mantap djiwa tentunya, sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya seperi bubur cianjur, moci, bandrek, batagor, beras pandan wangi dll mungkin di lain ksempatan kita akan membahasnya yang lainnya...

Murid na SheKsave






Bagikan

Jangan lewatkan

11 Makanan Khas Cianjur Yang Wajib Anda Coba (Yang No 2 Legend Banget)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
November 27, 2019 at 2:02 AM

wow artikel anda sangat manarik, jangan lupa kunjungi juga https://makanyok.com/2019/11/21/kopi-arabika-toraja/

Reply