Inovasi Untuk Cianjur Smart City


inovasi untuk cianjur smart city

Inovasi untuk cianjur smart city, sebelum kita membahas tentang inovasi yang bisa dilakukan di cianjur agar cianjur mampu semakin dekat dengan menerapkan konsep smart city, kita lihat dulu apa sih yang dimaksud smart city itu ??

Smart city adalah sebuah konsep kota pintar yang mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, pelayanan publik yang lebih baik dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan warganya dan agar warganya bisa  hidup lebih baik dan nyaman.
Sebuah kota bisa disebut smart jika sudah mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari, integrasi teknologi teknologi tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada publik hingga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Menurut salah satu inisiator smart city dari ITB, Suhono S Supangkat “Kota yang baik adalah kota yang bisa melihat tujuannya dengan jelas, kita berbicara dalam konsep ekonomi, berbudaya dan lingkungan” katanya dalam salah satu seminar di rangkaian acara Festival Smart Money  Smart City di Golf Driving Race Senayan, Jakarta, Jum’at (03/06/2016)

baca juga
11 Makanan Khas Cianjur Yang Paling Enak

Di indonesia sendiri sudah ada beberapa kota besar yang sudah mengadopsi sistem smart city, seperti jakarta yang sejak 2014 dengan sistem jakarta smart city nya lalu ada surabaya dengan inovasi sistem tilang onlinenya bagi pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran.
Dalam penerapannya tentu tidak lepas dari yang namanya tantangan dan hambatan yang akan dihadapi, terdapat empat hambatan utama dalam penerapan smart city yaitu :

·   1.  Korupsi
     Yah di indonesia korupsi dimana-mana sudah seperti menjadi ciri khas dan kearifan lokal, shame on my country. Setiap ada kebijakan baru jarang sekali bisa full diimplementasikan dengan baik yaitu tadi dananya selalu berkurang sepanjang jalan dan akhirnya saat penerapan kebijakan tersebut rata-rata diterapkan secara prematur.
·    2. Birokasi yang tidak efisien
    sebenarnya ini masalah yang bisa dibilang nyaris ada diseluruh indonesia, kadang-kadang saya bingung dengan cara berfikir orang-orang yang membuat aturan tersebut, contohnya dulu ada peraturan pajak double untuk mobil hybrid yang jelas-jelas lebih baik dari sisi emisi dan lebih ramah lingkungan.
·    3.  Infrastruktur yang masih belum memadai
    Contohnya seperti jalan yang terlalu sempit, sambungan internet yang masih belum merata, sarana transportasi yang masih ‘jadul’
·    4.  Pola pikir masyarakat
     Kembali lagi sebuah kota isinya ya masyarakat, yang menjalankan, memelihara dan menggunakan juga masyarakat, apakah masyarakat sudah siap dengan perubahan yang akan terjadi ?? contoh kasusnya yang dulu pernah ramai mungkin saat kedatangan ojek online ke cianjur, banyak terjadi penolakan oleh para supir angkot dan ojek pangkalan.

Sebagai orang yang tinggal di cianjur, cari ilmu di cianjur dan cari makan juga di cianjur. Saya terpikirkan apakah kita punya ide atau gagasan untuk kota kita ini, sebuah Inovasi untuk cianjur smart city, lalu muncul lah dua ide dibawah ini.
  1.  Smart Transportation, I-TrOn (Integrated transportation with one key)
  2.  Smart Health, Hoscket (hospital in your pocket)

Untuk inovasi yang pertama adalah untuk bidang transportasi publik yaitu :

I-TrOn

inovasi untuk cianjur smart city smart public transportation

Inovasi ini terinspirasi dari kekesalan saya yang menumpuk dari pengalaman tinggal berpindah-pindah di berbagai kota yang rata-rata memiliki salah satu masalah yang mirip dan saat saya dulu baru pindah ke cianjur saya menemukan pemandangan yang serupa, yaitu kemacetan, trayek angkot yang membingungkan dan jumlahnya yang banyak, sering ngetem lama, crowded sekali khususnya di daerah dekat tempat tinggal saya.

cara mengatasi kemacetan

mengurangi kemacetan dengan smart transportation

Yah seperti yang saya sebut diawal masalah ini memang bukan eksklusif hanya di cianjur, kota-kota lainnya pun yang pernah saya tinggali seperti bogor, cirebon, tangerang, tasikmalaya ya begitu juga apalagi daerah jabodetabek levelnya udah lain, jadi saya berharap sistem yang akan saya utarakan dibawah akan ada segera yang merealisasikan dan diterapkan juga dikota-kota lainnya.

i-TrOn adalah gambaran sistem transportasi publik ideal ala saya yang sudah seharusnya ada dalam menyongsong konsep smart city, i-TrOn (integrated transportation with one key) adalah sebuah aplikasi mobile yang berfungsi untuk mengintegrasikan semua jenis mode transportasi angkot, ojek/taksi online, minibus, bus, kereta, pesawat semuanya bisa diakses dengan aplikasi ini, di bawah ini adalah beberapa fungsi dalam aplikasi ini :

v  Data armada transportasi yang ada di sekitar user saat itu, user bisa memilih mau     menggunakan mode transportasi apa.
v  Estimasi kedatangan armada dan waktu sampai di tujuan, user juga bisa melalukan      reservasi jadi armada akan berhenti dijalan dekat user, untuk reservasi waktu tunggunya tidak lebih dari 2 menit
v    GPS dengan keterangan trayek  dan tarif yang dikenakan
v    Terdapat pilihan pembayaran tunai dan e-money dengan sistem top up
v     Akun i-TrOn juga bisa berfungsi sebagai tiket/ID
v Selain melakukan perjalanan pendek i-TrOn juga bisa digunakan untuk perjalanan berkelanjutan dengan bermacam mode transportasi, user misal ingin pergi dari kordinat A ke kordinat B akan muncul armada transportasi apa yang bisa digunakan, user juga bisa melakukan pemesanan 1x bayar jadi misal user telah turun dari bus dan harus melanjutkan dengan angkot, akan tertera angkot yang telah termasuk dalam pemesanan tadi pengaturan ketersedian armada ini akan terus di update secara otomatis

Sistem aplikasi ini selain lebih memudahkan masyarakat dan akan meningkatkan persentase penggunaan transportasi publik yang pada akhirnya akan mampu mengurangi kemacetan dan juga sistem ini akan sangat membantu sekali untuk orang yang baru pindah ke suatu kota agar tidak bingung lagi menggunakan mode transportasi umum atau untuk para wisatawan baik lokal maupun internasional yang tidak memahami bahasa indonesia dan tidak mengetahui sistem transportasi umum disini yang akhirnya menjadi nilai tambah untuk pariwisata kita. Berkaca pada negara-negara eropa dan negara jepang jika di asia, yang transportasi umumnya sudah lebih advance sangat memudahkan sekali bahkan untuk wisatawan dari luar negeri dan jika semua sudah berhasil diterapkan, kedatangan jenis mobil otonom/autonomous (tanpa supir) bisa kita diintegrasikan dan jadi pelengkap yang sangat cocok dengan sistem ini.

Tentunya selain menggunakan inovasi sistem diatas perlu juga adanya perbaikan infrastruktur dalam hal ini pelebaran jalan, pembangunan halte, pembaharuan armada transportasi dan perangkat pendukung lainnya supaya inovasi untuk cianjur smart city khususnya dibidang transportasi umum benar-benar bisa diterapkan.

Ide inovasi untuk cianjur smart city yang kedua ada di bidang layanan kesehatan yaitu :

Hoscket

inovasi untuk cianjur smart city smart healthcare

Saat kita akan berobat ke dokter atau rumah sakit bagaimana langkah-langkah yang biasa kita jalani, kalau yang biasa mungkin seperti ini ya, pasien mendaftarkan  dirinya > menunggu antrian > pasien ditanya apakah punya alergi terhadap obat-obatan tertentu > pasien memberikan resepnya ke apoteker > menunggu giliran pembayaran > dan kalau akan menggunakan BPJS rata-rata ribetnya luar biasa.

konsep smart healthcare mempermudah dalam penanganan kesehatan

Bagaimana kalau anda adalah orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang, pasti mengesalkan yah. Dari situ lah saya terinspirasi mendapat ide tentang sistem aplikasi ini, sistem pelayanan kesehatan yang sekarang masih banyak digunakan terlalu usang dan tidak efisien menurut saya.

Hoscket (aplikasi reservasi rumah sakit dengan smart payment dan smart diagnosis), singkatnya sistem pada aplikasi ini adalah jika user sakit dan ingin diperiksa ke dokter atau rumah sakit user bisa melakukan reservasi diawal tanpa harus pergi ke rumah sakit langsung, misalnya kita ingin diperiksa besok atau 2 hari lagi, kita bisa melakukan reservasi hari ini dan mendapat nomer antriannya dari sekarang dan akan tertera estimasi waktu pemeriksaanya pukul berapa jadi kita tidak perlu bolak balik atau pas kita pergi ternyata antriannya sedang penuh dan akhirnya harus menunggu lama, kita juga bisa melakukan pembayaran langsung lewat transfer atau BPJS.
Dibawah ini adalah beberapa fungsi utama dalam sistem aplikasi ini.

v  Reservasi antrian, dokter dan apotik, melakukan reservasi antrian seseuai waktu yang   diinginkan
v    Pilih rumah sakit dan dokter, bisa memilih rumah sakit yang mana dan ditangani oleh dokter yang mana.
v   Smart payment bisa tunai, non tunai atau menggunakan BPJS, di akun dalam aplikasi ini  saat diawal akan ada pilihan untuk memasukan no rekening dan id BPJS
v  Medical record, akan tertera semua record pemeriksaan dan pengobatan user yang dulu-dulu dan bisa sebagai patokan dan bahan evaluasi.
v Smart diagnosis, salah satu fitur tambahan yang bisa mendiagnosis penyakit dengan memasukan gejala yang dialami dan memberikan saran penanganan awal.
v   Pesan Obat, bisa melakukan pemesanan obat kepada apotik terdekat yang telah bergabung dengan aplikasi ini.

Tujuan awal dari sistem aplikasi ini adalah mempermudah dan menghemat waktu user, di jaman sekarang dengan mobilitas yang semakin tinggi kadang kita mau ke dokter pun sangat sulit menyisihkan waktu karena tanggung jawab pekerjaan yang ada, dengan adanya sistem ini kita bisa menggunakan waktu dengan sangat efisien tanpa mengantri lama, harus bolak balik jika ternyata sedang penuh atau repot mengurus persayaratan BPJS saat pembayaran, dan saat kita tiba-tiba sakit apa gitu terdapat smart diagnosis yang bisa jadi acuan pertolongan pertama untuk penyakit kita.

Dengan penerapan smart city diharapkan bisa membantu persoalan di perkotaan khususnya di cianjur seperti transparansi dan partisipasi publik yang lebih baik, peningkatan transportasi publik, transaksi non tunai, manajemen limbah, energi, keamanan, data dan informasi yang bisa didukung melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Sebenarnya tidak ada batasan dalam pengembangan konsep smart city semua tergantung pada sejauh mana imajinasi dan kreatifitas dari para pengembang dan sejauh mana pemerintah bisa menerapkannya, mungkin diantara rekan-rekan pembaca juga punya ide atau inovasi apa yang bisa digunakan untuk kotanya agar bisa menerapkan konsep smart city, yang pada akhirnya akan membuat warganya hidup dengan lebih mudah dan nyaman. Ayo tuliskan ide, gagasan dan komentar nya dibawah ya.......

Murid na SheKsave

Bagikan

Jangan lewatkan

Inovasi Untuk Cianjur Smart City
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

9 comments

Tulis comments
avatar
November 2, 2018 at 9:18 AM

acan nice mas mun acan Rank 1 google mah...

Reply
avatar
November 3, 2018 at 7:35 PM

keren bang arief
https://httpcianjursmartcity.blogspot.com/2018/11/inovasi-cianjur-smart-city.html

Reply
avatar
November 6, 2018 at 8:26 AM

gg https://waroengwahyu.blogspot.com/2018/11/inovasi-untuk-cianjur-smart-city.html

Reply
avatar
November 7, 2018 at 3:13 PM

Semangat posting bell, biar masuk page one...

Reply
avatar
November 7, 2018 at 3:14 PM

Ayo yu masih aya 3 harian deui, ka UTS pak rysa...

Reply
avatar
November 8, 2018 at 7:31 PM

http://ketokakasaja.blogspot.com/2018/11/inovasi-untuk-cianjur-smart-city.html

Reply