5 Teknologi Yang Dapat Di Implementasikan Pada Smart City


5 Teknologi Yang Dapat Di Implementasikan Pada Smart City

contoh teknologi dalam smart city

Belakangan ini di indonesia mulai ramai pembahasan konsep smart city yang digadang-gadang bisa menjadi solusi untuk menciptakan kota dan tempat tinggal yang lebih kondusif, aman dan menyenangkan untuk warganya. Hal ini diringi dengan peningkatan teknologi yang terus meningkat pesat contohnya dari sisi PC atau Handphone saja spek nya terus meningkat tajam setiap tahunnya, penerapan teknologi-teknologi terkini dan start up baru yang inovatif terus bermunculan.

Teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) hingga Internet of Thing (IoT) teknologi semacam ini sedikit demi sedikit sudah mulai diterapkan dan sudah seperti menjadi standart bagi para vendor pembuat elektronik agar produknya tidak dianggap ketinggalan dan usang bahkan termasuk oleh vendor pembuat peralatan rumah tangga, mungkin rumah yang high tech yang bisa diakses sepenuhnya dalam genggaman yang kita sebut saja smart home tidak akan lama lagi dapat terlaksana.

Baca juga:
Inovasi Untuk Cianjur Smart City

Makanan Khas Cianjur Yang Wajib Anda Coba

Destinasi Wisata Paling Indah Di Cianjur

Selain yang saya sebutkan diatas masih banyak ragam teknologi-teknologi lain yang menarik dan sangat bermanfaat tentunya bagi kehidupan kita, suatu hari nanti teknologi yang hari ini kita anggap wow akan jadi hal yang biasa dan mainstream. Jika kita membahas smart city tentunya dibutuhkan banyak perangkat teknogi-teknologi yang harus diimplementasikan agar konsep smart city bisa berjalan dengan baik, dibawah ini adalah 5 teknologi yang bisa diimplementasikan pada smart city.

1.    Augmented Reality (AR)
   augmented reality di smart city

Augmented reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan suatu benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi, banyak orang yang masih sering tertukar antara AR dan VR mungkin karena namanya yang agak mirip, intinya kalau AR itu menggabungkan dengan lingkungan nyata sedangkan VR itu yang sepenuhnya menggantikan lingkungan kenyataan  
Dengan teknologi augmented reality jalanan tidak akan memerlukan lagi rambu-rambu berbentuk fisik, semua rambu-rambu yang ada bisa digantikan dengan teknologi ini yang tentunya akan memiliki tampilan yang lebih menarik, lebih informatif dan mudah dimengerti dibanding rambu-rambu fisik yang ada sekarang yang kadang kala posisinya tersembunyi dengan gambaran yang tidak jelas hingga orang yang melihat pun bingung.

Perangkat AR yang sudah terealisasi sekarang yang bisa anda lihat ada google glass atau mini augmented vision yang dapat memproyeksikan berbagai informasi tepat dihadapan wajah anda. Salah satu yang paling mengagumkan dari teknologi ini adalah potensinya yang besar contohnya seperti bisa digunakan untuk memproyeksikan petunjuk arah pada kaca helm atau kaca depan mobil anda, lebih mudahnya bayangkan saja anda memakai helm iron man yang ada di film avenger.

2.    Mobil Listrik

penggunaan mobil listrik pada smart city

Menurut saya mobil listrik adalah sebuah kepastian hanya tinggal masalah waktu saja, dengan persedian bahan bakar fosil yang terus menipis mobil dengan bahan bakar fosil akan ditinggalkan, mobil listrik dan mobil ramah lingkungan lainnya bisa menjadi solusi untuk itu. Produsen dan pabrikan otomotif besar pun sudah mencium gelagat perubahan ini dan sudah mulai mendevelop mobil listrik khas pabrikan mereka dengan keunggulannya masing-masing dan bahkan sudah banyak juga yang menjual mobil listriknya di pasaran seperti merk BMW, Tesla..

Mobil listrik akan terintegrasi dengan baik pada konsep smart city apalagi jika sudah ditambahkan dengan teknologi automous vehicle (mobil tanpa supir) bisa menjadi salah satu opsi tambahan smart transportation yang membuat mode transportasi menjadi hampir 100 % otomatis dengan peran manusia yang semakin minim.

3.    NFC (Near Field Communication)

smart payment di konsep smart city

NFC adalah menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat tersebut pada jarak beberapa senti meter, fungsi NFC untuk sistem pembayaran mungkin sudah pada tahu ya tapi sebenarnya NFC juga memiliki fungsi lain seperti membuka aplikasi secara otomatis, memberitahu posisi suatu tempat, menjalankan tugas tertentu di bioskop australia contohnya dengan NFC kita bisa memesan makanan jika kita lapar hanya dengan mentap ponsel kita pada lengan kursi dan makanan akan diantarkan ke meja kita.

saat ini NFC bisa dibilang sudah menjadi sebuah standart sistem pembayaran digital, handphone keluaran baru sekarang sudah banyak yang disematkan dengan teknologi ini dan ini semua diawali oleh google yang menanamkan teknologi NFC untuk sistem pembayaran miliknya yaitu Android Pay, dengan menggunakan teknologi NFC metode pembayaran diklaim menjadi lebih praktis dan mudah.

4.    Internet of Things

konsep smart city penggunaan iot

Internet of Things atau Iot adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Saya ingat tahun 2000 awal khususnya ditempat saya tinggal, komputer dan jaringan internet adalah  sesuatu benda yang jarang dan mahal, berbeda sekali dengan sekarang yang nyaris semua rumah sudah memiliki komputer dan sambungan internet entah itu dari penyedia layanan seperti telkom, biznet dll atau dari provider telekomunikasi melalui ponsel, kedua hal itu sudah seperti menjadi kebutuhan pokok lainnya di jaman sekarang. Seperti halnya dengan produk smart home atau rumah pintar jika beberapa tahun yang lalu bisa dibilang hanya sebuah angan-angan tapi sekarang justru berbeda, produk-produk smart home sudah banyak bertebaran dipasaran dan hanya tinggal masalah waktu saja sebelum hal seperti itu menjadi hal yang umum diterapkan dan digunakan.

Berbagai perusahaan teknologi terus berlomba-lomba menciptakan dan menghadirkan teknologi smart home. Salah satu contohnya seperti google melalui project yang dinamakan Brillo, project ini adalah sistem operasi yang di khususkan untuk mengembangkan produk-produk baru dan inovatif untuk smart home.

5.    iBeacon

beacon teknologi untuk smart city

iBeacon adalah teknologi yang menggunakan koneksi bluetooth berdaya rendah untuk menyiarkan dan menerima informasi di area terbatas. Teknologi ini dikenalkan oleh Apple berbarengan dengan iOS 7 tahun lalu.

Tidak hanya teknologi-teknologi seperti yang sudah saya tulis diatas saja yang bisa unjuk gigi dalam konsep smart city teknologi ibeacon pun tidak kalah berguna dalam penerapan smart city, iBeacon adalah sebuah teknologi yang berbasis bluetooth dan biasa digunakan oleh toko-toko retail untuk mengirimkan sebuah notifikasi yang akan dikirimkan kepada smartphone milik pengunjung yang ada disekitar toko tersebut, pengumuman tersebut bisa berupa informasi diskon, penawaran khusus, harga hingga promo-promo terbaru mereka.

Teknologi iBeacon ini bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari papan pengumuman yang biasanya terpampang di depan, jendela toko retail, bukan hanya dapat menggantikan toko papan pengumuman fisik, di sebuah daerah di negara inggris teknologi beacon ini dapat digunakan oleh para tunanetra untuk bisa berjalan-jalan menggunakan kereta bawah tanah.

Jika konsep smart city di indonesia ingin diterapkan setidaknya 5 teknologi diatas sudah harus mulai diimplementasikan dari sekarang agar kedepannya smart city diindonesia bisa diterapkan dan terwujud dengan sempurna.


Bagikan

Jangan lewatkan

5 Teknologi Yang Dapat Di Implementasikan Pada Smart City
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.